Pelaksanaan FKP Guna Menjaring Aspirasi Dalam Penyusunan RPD 2024-2026
RPD Kabupaten Tanah Laut 2024-2026 dan Renstra PD Kabupaten Periode 2024-2026

By Administrator 29 Des 2022, 10:15:12 WIB Perencanaan Makro
Pelaksanaan FKP Guna Menjaring Aspirasi Dalam Penyusunan RPD 2024-2026


Aspirasi masyarakat sebagai salah satu dasar dalam penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024-2026, maka oleh itu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Laut melaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024-2026 pada Rabu (28/12) bertempat di Aula Sarantang Saruntung Kantor Bupati Tanah Laut.

Kegiatan FKP ini dibuka oleh Bupati Tanah Laut, Bapak H.M. Sukamta yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dan meyakini betapa pentingnya kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam penyusunan dokumen RPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024-2026. Beliau mengingatkan kembali bahwa perlu juga melaksanakan evaluasi RPJMD 2018-2023  sebagai dasar penyusunan RPD ini, diharapkan segala tujuan dan fokus RPD ini dapat memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut.

Baca Lainnya :

Kegiatan FKP kemudian dilanjutkan dengan paparan dari narasumber, ada 5 (lima) pemateri pada kegiatan ini, pertama dari Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, Bapak Drs. Ilyas yang memaparkan tentang aarah pembangunan provinsi Kalimantan Selatan di Wilayah Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024-2026. Dilanjutkan oleh BPS Tanah Laut, Ibu Sukma Handayani yang memaparkan tentang Mengungkit ekonomi Tanah Laut dengan memperhatikan data pertumbuhan ekonomi dan manusia serta data pengembangan PDRB Tanah Laut.

Untuk pemateri ketiga kemudian dari Badan Pendapatan  Daerah oleh Plt. Kepala Bapenda, Bapak Ir.  Akhmad Hairin, MM tentang proyeksi pendapatan daerah. Dilanjutkan pemaparan dari BPKAD oleh Kepala BPKAD, Bapak Muhammad Darmin, SIP, M.Si tentang proyeksi pengeluaran daerah dan terakhir pemaparan dari Kepala Bappeda, Bapak Andris Evony, S.STP, M.Si tentang Penyusunan RPD.

RPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024-2026 secara garis besar memiliki 3 (tiga) tujuan, yaitu (1) Meningkatkan Sumberdaya Manusia Yang Berkualitas; (2) Peningkatan Ekonomi Masyarakat Secara Merata Dengan Pembangunan Infrastruktur Yang Berwawasan Lingkungan; dan (3) Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance). Sedangkan Fokus RPD kabupaten Tanah Laut pada tahun 2024 adalah pengembangan Ekonomi dan Sumberdaya Manusia Dengan Pelayanan Dasar dan Infrastruktur Yang Berkualitas; Fokus untuk tahun 2025 adalah Peningkatan Ekonomi dan Sumberdaya Manusia Yang Berdaya Saing; dan Fokus untuk tahun 2026 adalah Pemantapan Perekonomian Daerah Melalui Pembangunan Yang Berkelanjutan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi, dalam kegiatan diskusi banyak diperoleh aspirasi dan pendapat dari peserta yang hadir, terutama dari tokoh masyarakat Kabupaten Tanah Laut, segala hasil diskusi kemudian dicatat dan dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan dokumen RPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2024-2026. Kegiatan kemudian diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kegiatan.
(WITRI/ANGGI)