Kick Off Meeting Mengawali Pemkab Tanah Laut Menyusun Dokumen RPJPD 2025-2045
Kick Off Meeting Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Tanah Laut 2025 - 2045

By Administrator 20 Okt 2023, 09:06:02 WIB Perencanaan Makro
Kick Off Meeting Mengawali Pemkab Tanah Laut Menyusun Dokumen RPJPD 2025-2045


Sebagaimana amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangan Panjang Daerah , Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah dimana disebutkan bahwa penyusunan RPJPD Kabupaten dilaksanakan paling lambat satu tahun masa RPJPD periode sebelumnya berakhir, maka pada hari Jum'at (20/10) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Laut melaksanakan Kick Off Meeting Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Tanah Laut 2025-2045 bertempat di Ballroom Kayuh Baimbai Best World Kindai Hotel Banjarmasin.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut, seluruh Kasi/Kasubbag Perencanaan SKPD lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut, Nara sumber dari FEB UGM dan secara online dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang juga menjadi nara sumber pada kegiatan ini.

Baca Lainnya :

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Laut, Bapak Ismail Fahmi, SE, MT dalam penyampaian laporan panitia menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan perencanaan pembangunan, diharapkan pada kegiatan diskusi SKPD dapat memberikan saran dan data berbobot agar dokumen RPJPD yang disusun menjadi dokumen yang berbobot pula, ibarat perahu dengan kwalitas terbaik yang membawa pembangunan berlayar menuju tujuan.

Kegiatan kemudian dibuka oleh Pj. Bupati Tanah Laut, Bapak Syamsir Rahman yang dalam pembukaan beliau menyampaian hasil evaluasi RPJPD periode sebelumnya dimana realisasinya dirasa banyak lepas dari perencanaannya. Beliau berharap agar untuk RPJPD kali ini harus disusun terukur, tepat dan terarah agar realisasinya setidak nya mampu mendekati perencanaannya. Perencanaan harus dipikirkan matang-matang, apakah mampu dalam pelaksanaannya kelak. RPJPD Kabupaten Tanah Laut juga harus di cek apakah sudah sinkron dengan RPJPD Provinsi dan peran Kabupaten Tanah Laut pada RPJPD Provinsi Kalimantan Selatan jelas. Sebagai pondasi awal RPJPD jangan disusun asal-asalan, data yang digunakan harus data statistik yang valid atau paling tidak mendekati.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan kemudian melanjutkan kegiatan dengan memberikan pemaparan terkait Arah Kebijakan Rancangan Awal RPJPD Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2025-2045 dimana disampaikan nilai indikator untuk Kabaupaten Tanah Laut berbanding nilai indikator Provinsi Kalimantan Selatan sudah baik, hanya saja angka pengangguran di Kabupaten Tanah Laut masih tinggi, diharapkan RPJPD dapat mengakomodir pemecahan permasalahan tersebut agar nilainya dapat menurun.

Pemaparan kemudian dilanjutkan oleh Kepala DPRKPLH Kab. Tanah Laut mengenai Draft KLHS RPJPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2025-2045 dimana disampaikan hasil perumusan isu strategis KLHS  yaitu (1) Pengendalian dan Penanganan Bencana; (2) Peningkatan Kwalitas Lingkungan; (3) Konektifitas dan Infrastruktur Transportasi; (4) Pengelolaan SDA dan Keanekaragaman Hayati; dan (5) Peningkatan SDM dan Kesejahteraan Daerah.

Selanjutnya pemaparan dari Kepala DPUPRP Kab. Tanah Laut terkait draft RTRW Kabupaten Tanah Laut Tahun 2016-2036 yang sangat berguna dalam melaksanakan pembangunan secara spasial dan terakhir pemaparan dari Tim Tenaga Ahli dari FEB UGM yang memaparkan tentang Mekanisme/ Teknis/ Substansi Penyusunan RPJPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2025-2045 dimana menyampaikan agar Kabupaten Tanah Laut jangan terlena dengan nilai pertumbuhan ekonomi 5,12 karena masih banyak daerah lain yang memiliki nilai pertumbuhan ekonomi lebih dari itu, maka Kabupaten Tanah Laut harus memacu agar semakin meningkatkan nilai tersebut agar mampu bersaing dengan daerah lain.

Diakhir kegiatan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut, Bapak Drs. H. Dahnial Kifli, MAP memberikan arahan agar seluruh SKPD bersinergi dalam memberikan masukan dalam penyusunan RPJPD, dokumen ini juga akan menjadi dokumen acuan calon kepala daerah dan saat sudah menjadi Kepala Daerah definitif. Forum Konsultasi Publik harus dilaksanakan dengan mengundang tokoh masyarakat yang beragam. Konsultasi dengan Provinsi juga harus dilaksanakan. Diharapkan dari kegiatan Kick off Meeting ini seluruh SKPD memiliki pandangan yang sama dalam kegiatan penyusunan RPJPD Kabupaten Tanah Laut Tahun 2025-2045, mampu memberikan data-data valid dengan capaian yang terukur, tepat dan terarah. (RED)